Lembaga Edukasi Kreatif
Jl. Siliwangi Gg 3 No. 02 Jrubong, Ngawi
Mon-Sat: 09:00 - 16:00
09 Feb 2017
keceriaan-bersama-kbtk-islamic-center-samarinda

Ceria Bersama KBTK Islamic Center Samarinda

Ceria, itulah yang tergambar diraut wajah siswa – siswi Kelompok Belajar (KB) dan Taman Kanak – Kanak (TK) Islamic Center Samarinda. Begitu antusiasnya anak – anak ini juga memberikan stimulus kepada orang tua mereka untuk tidak kalah semangat dalam mengikuti kegiatan Experiential Learning yang dibawakan oleh trainer – trainer KampoengEdukasi.

Rumah Ulin Arya yang terletak di Jalan Teluk Batu RT. 20 Desa Bayur, Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda ini menjadi saksi keceriaan siswa dan orang tua wali murid yang bersemangat mengikuti beberapa permainan yang telah disiapkan hari ini, Kamis, 9 Februari 2017.

Dodi Kurniadi Wibowo dan Fuad Galuh Prihananto memandu 170 siswa dan orang tua wali murid KBTK Islamic Center Samarinda ini dengan beberapa permainan seru, diantaranya, Permainan Musang dan Ayam, Berbaris Siap dan Rapi, Flying Fox, Tangkap Ikan, Mencari Stick Warna, dan Halang Rintang. Ada pula permainan Bola Keranjang, Menara Gelas, dan Meniup Bola Pingpong yang seru dan membuat para peserta hari ini sangat antusias.

Ibu Emi, Kepala Sekolah KBTK Islamic Center memberikan apresiasi kepada KampoengEdukasi yang mampu membawa suasana kegiatan hari ini sangat luar biasa. Para orang tua wali murid yang terlibat langsung di kegiatan juga merasa sangat senang dengan kegiatan semacam ini.

Dalam sesi De-Brief Experiential Learning kali ini yang dipandu oleh Fuad, orang tua wali murid menyampaikan beberapa hal terkait permainan – permainan yang telah dilakukan yang sangat berguna untuk keseharian mereka, yakni,

– Melakukan sesuatu di luar kebiasaan
– Melatih adaptasi baru
– Satu komando untuk mencapai tujuan
Learning by doing
– Membuat strategi dan penyesuaian setelah ada percobaan / pengalaman

Selain itu, dari keseluruhan permainan yang diberikan mengandung misi kekompakan, kerjasama tim, serta konsentrasi.

Inilah salah satu semangat KampoengEdukasi, tidak hanya sekedar bermain, namun kita memberikan pelajaran yang lebih dari setiap apa yang dilakukan, Experiential Learning. Semangat mengedukasi dan terus bersama menginspirasi.

08 Feb 2017
kampoengedukasi-di-tk-arrajwaa-samarinda

Fun Game TK Ar Rajwaa Samarinda

KampoengEdukasi, Rabu, 8 Februari 2017 berkesempatan memandu Outbound dan Fun Games Murid dan Wali Murid TK Islam Ar Rajwaa Samarinda, Kalimantan Timur.

Dodi Kurniadi Wibowo, Trainer KampoengEdukasi dibantu oleh Fuad Galuh Prihananto memandu sedikitnya 72 siswa dan 60 Wali Murid dalam kegiatan yang bertempat di Rumah Ulin Arya, Samarinda. Difasilitasi oleh Tahta Tour and Travel, Dodi memberikan berbagai macam permainan yang mengarahkan mereka untuk melatih saraf motorik.

Adapun permainan yang diberikan kepada anak – anak yang lincah dan menggemaskan ini antara lain,

  1. Permainan Musang dan Ayam
  2. Berbaris Siap dan Rapi
  3. Flying Fox
  4. Menangkap Ikan
  5. Mencari Stick Warna, dan
  6. Halang Rintang (Ban, Tumpuan Kayu, Jaring Laba, dan Labirin Tangga Tali)

Wali murid yang turut mendampingi anak – anaknya ini sangat senang dan dari penuturan mereka ingin sekali bekerjsama dalam acara Family Gathering kantornya masing – masing atau khusus untuk wali murid.

Sedangkan Kepala Sekolah TK Ar Rajwaa dalam kesempatan ini merasa sangat senang dan tidak kapok untuk bekerjasama lagi, hal ini terutama karena melihat anak didiknya yang sangat riang dan antusias dalam mengikuti serangkaian kegiatan yang dilakukan.

Semangat dalam memberikan edukasi, KampoengEdukasi bersama menginspirasi.

03 Feb 2017
gathering-v-sis-jogja

Gathering V Survival Skill Indonesia

Menambah pengetahuan, upgrade skill, upgrade knowledge, serta menambah relasi adalah sebuah cara kita untuk terus mengoptimalkan potensi dan berani untuk terus melakukan perubahan. Itulah yang tentunya mendasari tim KampoengEdukasi turut berpartisipasi di ajang Gathering V Survival Skill Indonesia (SIS), 27 – 29 Januari 2017 lalu yang merupakan chapter bagi para pegiat di Jogja dan Jateng.

Bertempat di Bumi Perkemahan (Buper) Sinolewah, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, 2 perwakilan dari KampoengEdukasi mengikuti serangkaian agenda yang telah dipadu-padankan oleh penyelenggara dalam kegiatan training dan mengaplikasikannya di alam terbuka.

KampoengEdukasi mengirimkan Kak Aria Kusuma Aji dan Kak Fuad Galuh Prihananto untuk mengikuti Gathering V SIS ini. Beberapa materi yang didapatkan dalam agenda ini adalah, survival psychology, kemampuan first aid , shelter, membuat api, signaling, mencari air , dan mencari makan.

Dijelaskan juga tentang The Rules Three
3 menit tanpa oksigen – Mati
3 jam tanpa perlindungan – Mati
3 hari tanpa air – Mati
3 minggu tanpa makan – Mati

“Dari sini kami bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih tentang faktor utama yang mempengaruhi survival adalah sikap mental yang positif, pengetahuan yang luas, dan keterampilan yang baik,” ungkap Kak Aji.

Survival Skill Indonesia merupakan sarana belajar, wahana berdiskusi, berbagi dengan sesama penggiat dan peminat kegiatan di alam bebas dengan fokus mengupgrade kompetensi di bidang ilmu Survival, Navigasi, Medical First Responder (MFR), Mountaineering, dan ilmu – ilmu yang berkaitan dengan latar belakang banyaknya kecelakaan yang terjadi dalam kegiatan di alam bebas.

Semoga dengan kegiatan ini mampu memberikan kemampuan yang lebih bagi para Trainer – trainer KampoengEdukasi untuk terus berkiprah dalam berbagi pengalaman dan edukasi untuk masyarakat.

28 Dec 2016
river-tubing-kali-cuntang

River Tubing Kali Cuntang

Setelah kemarin Mbolang di Kanal Desa Ngrayudan, siang ini, 28/12, KampoengEdukasi memulai petualangan baru di Kali Cuntang, Ngrayudan, Jogorogo, Ngawi. Petualangan menyusuri sungai menggunakan ban dalam yang biasa disebut dengan istilah River Tubing ini dipimpin langsung oleh Kak Wijang dibantu oleh Kak Ali Mustofa dan diikuti oleh 3 adik-adik pemberani yaitu Mas Dhega, Mas Panji, serta Mas Apan.

Kegiatan petualangan dalam mengisi liburan ini bertujuan memberikan pendidikan karakter bagi adik-adik melalui metode Experiential Learning, yaitu menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik.

READ MORE

27 Dec 2016
mbolang-bareng-kampoengedukasi

River Tubing Dam Karanglo

Liburan kali ini KampoengEdukasi mengajak beberapa krucil untuk mencoba berpetualang dengan tema “Mbolang Bareng KampoengEdukasi”. Bertempat di sekitar Desa Ngrayudan Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi mereka menyusuri kanal air yang berawal dari cek dam Kali Cuntang di Karanglo.

Berbekal Ban dalam lengkap dengan alat pengaman diri yang meliputi helm sebagai pelindung kepala dan life vest untuk melindungi diri dari tenggelam para bolang memulai petualangan mereka. Alhamdulillah, mereka sangat antusias dan bahagia dengan kegiatan ini.

READ MORE

21 Dec 2016
berkumpul-dalam-lingkaran-el-training

EL Training MTs An Noor Ngawi

Pagi itu, Sabtu 17/12, sebanyak 140 siswa – siswi dari MTs AnNoor Ngawi beralamat di Karangasri Ngawi yang merupakan sebuah sekolah Pesantren Satu Atap (PSA) di Kabupaten Ngawi ini belajar dan bermain bersama tim Fasilitator KampoengEdukasi.

Dengan ditemani oleh beberapa guru yang masih terbilang muda, ke-140 siswa ini turun dari truck dan menuju lapangan khusus pelatihan di Jamus Camp Site dan disambut dengan sebuah semangat oleh Master Trainer KampoengEdukasi, Kak Dodi Kurniadi Wibowo.

READ MORE

24 Oct 2016
baksos-tim-sedekah-nasi-2016

Ceriakan Anak Kiyonten

Kampoeng Edukasi Ceriakan Anak Kiyonten. Tim KampoengEdukasi Bekerjasama dengan Tim Sedekah Nasi Kabupaten Ngawi dalam rangkaian Bakti Sosial, Kampoeng Edukasi latih kejujuran dan jiwa berbagi anak-anak Desa Kiyonten, Kasreman, Ngawi, Minggu (23/10/2016) kemarin. KampoengEdukasi Memberikan simulasi berbagi, permainan berhikmah dan penuturan kisah (telling story). Selaku Direktur Kampoeng Edukasi, Wijang S Isnandita piawai mengajak anak-anak berinteraksi dalam arena permainan, mereka diajak belajar karakter dan merefleksikan sikap santun.

READ MORE

27 Sep 2016
kampoengedukasi-in-smp-mulia

Menguasai Dunia Lewat Pena

“Akan aku ajar dunia dengan penaku” , sepenggal kalimat KH Imam Zarkasyi saat santri Gontor dipulangkan semua terkait peristiwa 65. Kenapa “pena”? Pena idiom dari menulis, karena tulisan mampu mempengaruhi alam pikiran manusia, tulisan mampu menjadi media propaganda, tulisan mampu menampilkan kisah motivasi, tulisan mampu berbicara banyak mengabarkan sesuatu dari sebuah peristiwa.

Dan inilah jurnalistik di mana tulisan dan foto mampu mengabarkan sebuah peristiwa, gagasan, opini, cerita, dan banyak lagi yang mampu dikabarkan dari tulisan seorang jurnalis.

READ MORE

09 Sep 2016
antusias-mahasiswa-baru-akamigas-indramayu

Kelas Motivasi di Akamigas Indramayu

Alhamdulillah terlaksana dengan baik kelas motivasi di Akamigas Balongan Indramayu. KampoengEdukasi diberikan kesempatan untuk mengisi kelas motivasi untuk Mahasiswa Baru Akademi Migas Balongan, Indramayu, 9/9.

Bertepatan dengan hari jumat yang penuh berkah dan semangat, sore tadi, Tim KampoengEdukasi diwakili oleh Kak Wijang Isnandita memberikan motivasi untuk mahasiswa – mahasiswa baru yang akan belajar di Akamigas Balongan Indramayu ini.

READ MORE

05 Sep 2016
berbagi-inspirasi-di-raimuna-cabang-ngawi-2016

Berbagi Inspirasi di Raimuna Cabang Ngawi

Inspirasi adalah sebuah hal yang harus dijadikan sebagai sebuah motivasi. Sebagaimana kita berbagi pengalaman kepada orang lain untuk diambil sisi positif dan dijadikan sebagai inspirasi dan motivasi.

Pada kesempatan kali ini, Kak Fuad Galuh Prihananto, Koordinator Trainer KampoengEdukasi, mendapatkan sebuah kehormatan bisa berbagi Inspirasi di Raimuna Cabang Ngawi tahun 2016 yang digelar 2 – 6 September di Bumi perkemahan Ds. Kawu (Depan SMAN 1 Kedunggalar) / Lapangan Soko, Kedunggalar, Ngawi.

READ MORE